Menyambut Tahun Baru Islam, Santri Al-Muslimun Melakukan Tapak Tilas Keliling Lhoksukon

Lhoksukon- Ahad (01/09/19) merupakan dimulainya pergantian tahun baru Islam yang bertepatan pada tanggal 1 Muharram 1441 H. Seperti tahun- tahun sebelumnya, seluruh aktivitas belajar formal di Dayah Terpadu Al-Muslimun diliburkan. Ini dikarnakan tanggal merah sekaligus memperingati salah satu hari besar Islam.

Pada tahun ini, Seluruh santri diajak melakukan Tapak Tilas. Digerakkan oleh Bagian Ibadah Ust. Darkasyi dkk, rute napak dimulai dari dayah melalui Mns. Meunyee ke Jalan Banda-Aceh, lalu menuju ke Keude Lhoksukon. Santri mengistirahatkan diri di tempat titik berkumpul yang sudah ditentukan, yaitu di Lapangan Lhoksukon. Disini santri istirahat dan makan snackĀ  (bagi yang tidak sedang berpuasa sunnah) . Setelah kurang lebih dari 30 menit, baru santri diarahkan kembali ke dayah dengan rute yang sedikit berbeda.

Menurut KBBI Tapak Tilas/ Menapak Tilas merupakan berjalan kaki dengan menelusuri jalan yang pernah dilalui oleh seseorang, pasukan, dan sebagainya untuk mengenang perjalanan pada masa perang dan atau sejarah masa lalu.

Tapak Tilas ini dilakukan dalam rangka yang pertama sekali untuk menyambut tahun baru Islam sekaligus mengingatkan masyarakat luas bahwa tahun Islam sudah berganti. Ini tentu sangat diperlukan mengingat Indonesia tidak menggunakan kalender Hijriah sebagai kalender utama. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menyehatkan badan dan kesehatan santri. Ujar Ust. Hermansyah salah satu guru bagian ibadah.

Turut hadir sekaligus mendampingi Pimpinan Dayah Al-Muslimun, Kepala Pengasuhan, Kepala Administrasi, Kepala Madrasah, Kepala Asrama, dan seluruh Ustadz/ah pengasuh Dayah Terpadu Almuslimun.

Tinggalkan Komenter

Posted in Berita, Uncategorized and tagged , , .